Minggu, 26 Desember 2010

Mawar Merah

bunga_mawar_merahBunga yang identik dengan warna merah ini sering digunakan sebagai ungkapan perasaan cinta. Bunga mawar memang memiliki keindahan namun sayangnya bunga ini memiliki duri yang tajam sehingga dapat membuat tangan mengalami pendarahan. Setiap mawar memiliki perbedaan, baik warna, susunan, ukuran, tinggi, dan jumlah durinya.
Namun apakah sebenarnya bunga mawar itu? Dari ilmu biologi dapat dikatakan bahwa mawar adalah tanaman dari ordo Rosanales. Bunga mawar selalu berbunga tanpa henti baik pada saat musim panas maupun musim dingin, bahkan untuk di negara empat musim pun bunga mawar tetap berbunga banyak. Namun kita juga harus tetap merawatnya dengan baik meskipun sebenarnya perawatan bunga mawar merupakan hal yang mudah.
Mawar juga merupakan tanaman tahunan yaitu cukup dengan anda membeli satu kali namun bunga mawar tersebut bisa tumbuh puluhan tahun. Seiring dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan sekarang bunga mawar memiliki keberagaman warna, antara lain biru, pink, kuning, putih, ungu, hitam, yang konon memiliki arti tersendiri.
Bunga mawar memiliki banyak varietas yang menyebabkan orang menyebutnya dengan Rosaceae. Berdasarkan sifatnya mawar terbagi menjadi empat kelompok yaitu tanaman semak yang ditanam di pagar, mawar kerdil yang ditanam di pot, mawar pohon, dan mawar liana yang tumbuhnya merambat.
Bunga mawar aman untuk dikonsumsi karena bunga ini memiliki banyak manfaat dan khasiat. Di dalam bunga tersebut terkandung zat-zat yang berfungsi untuk menambah daya tahan tubuh, berfungsi sebagai antiseptik, dan juga sebagai pembunuh jamuryang menyebabkan keputihan. Selain itu bunga mawar memiliki aroma yang harum yang dapat digunakan sebagai aromaterapi untuk menenangkan pikiran dan jiwa dan juga sebagai parfum.

bunga mawar bunga yang sangat cantik dan memiliki daya tarik. Bunga ini sangat gemari oleh perempuan. Karena bentuk dan bau yang dapat menarik hati seorang wanita. Dalam mengembangkan berbagai jenis mawar hibrida yang berasal dari Holand (Belanda). Rose adalah jenis banyak peminatnya Hybrid Tea dan Medium, variasi warna memiliki banyak minat, mulai off untuk merah putih dan tingkat produktivitas tinggi: 120-280 kuntum bunga/m2 / tahun.

Varietas-varietas mawar hibrida (Hybrid Tea) yang telah ditanam di Indonesia oleh PT. Perkebunan Mangkurajo dan 
toko bunga profesional adalah: Coctail, Diplomat, Idole, Jacaranda, Laminuette, Osiana, Pareo, Samorai, Sonate de Meilland, Sonia, Sweet Sonia, Tineke, Vivaldi, White Success dan Yonina. Sedang jenis mawar sementara yang lain adalah Golden Times, Jaguar, Sissel, Laser, dan Kiss. Kelebihan varietas mawar hibrida adalah tahan lama dan warna-warninya menarik. Teh jenis hibrida Roses bertangkai bunga 80-120 cm, tipe Medium 40-60 cm.


Beberapa varietas mawar introduksi yang dianjurkan di dataran rendah: Cemelot, Frad Winds, Bapak Lincoln, dan Golden Lustee sebagai mawar bunga potong. Walaupun berbagai Folk Song, Khatherina Zeimet, Woborn Abbey dan Cimacan Salem untuk tanaman taman.


MANFAAT TANAMAN
 

1) tanaman hias di taman / buka.
2) tanaman hias dalam pot pengindah dan penyemarak ruangan atau koridor. 
3) dilakukan dalam upacara kenegaraan Tabur bunga upacara atau tradisi. 
4) yang diambil sebagai minyak wangi-wangian5) dijadikan bisnis.
 
Syarat pertumbuhan
IklimAngin tidak mempengaruhi dalam pertumbuhan bunga mawar. Hujan untuk pertumbuhan yang meningkat adalah 1500-3000 mm / tahun. Memerlukan 5-6 jam per hari Minggu. Di daerah tersebut cukup matahari, mawar akan rajin dan lebih cepat berbunga serta berbatang kokoh. Sinar matahari pagi lebih baik dari pada sore hari Minggu, yang menyebabkan pengeringan tanaman. Mawar memiliki daya adaptasi sangat luas dari lingkungan tumbuh, dapat ditanam di daerah dingin / sub-tropis dan di daerah tropis yang panas. Suhu udara 18-26 derajat C dan kelembaban 70-80%.

Makna yang terkandung pada bunga mawar :
  • Mawar Merah
Adakalanya temen anda memberikan kepada anda sekuntum mawar merah, namun kita harus tau apa arti dari pemberian tiu bukan? Biasanya mawar merah merupakan ungkapan dari pemberi bunga sebagai tanda cintanya yang menggelora kepada si penerima. Namun kadang dapat diartikan sebagai simbol dari penghargaan dan keberanian


  • Mawar Merah Muda
Kalau pemberian seseorang terhadap mawar dengan warna yang satu ini biasanya dapat diartikan sebagai kebahagiaan, karena mawar merah muda merupakan simbol dari kebahagiaan. Namun jangan sampai salah warna, karena warna mawar merah muda hampir mirip dengan bunga mawar yang berwarna orange yang warnanya mirip namun lebih tua atau malah warna lebih muda dari merah muda. Kalau warnanya lebih muda dapat diartikan sebagai ungkapan rasa kagum, sedangkan warna yang merah mudanya lebih tua dapat diartikan sebagai ungkapan terimakasih si pemberi terhadap si penerima.

  • Mawar Kuning

    Kalau diberi bunga mawar kuning, merupakan simbol dari Victorian, yang melambangkan suatu kecembuaruan dari sebuah hubungan.

    • Mawar Putih
    Seperti warnanya yang putih melambangkan kesucian, mawar putih juga memiliki arti kesucian, kerendahan hati, cinta damai.

    • Mawar Orange
    Mawar orange melambangkan semangat seseorang, dimana biasa dapat diartikan sebagai pemberi bunga mawar orange ingin mengenal penerima secara lebih jauh





    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar